Layanan Personal Cloud Data Storage

minggu lalu , upgrade linux ubuntu 10.04 lucid lynx LTS menggantikan linux 9 karmic koala yang sudah tidak support lagi sejak maret 2011,  starting time ubuntu 10.04 LTS cepet banget, kurang lebih 10 detik.  konon katanya ubuntu 10.10 bahkan bisa lebih cepat lagi yaitu 7 detik (http://www.ubuntu.com/ubuntu/features)

yang menarik adalah adanya integrasi ubuntu one, yaitu fasilitas semacam syncronisasi files (https://one.ubuntu.com/) , rasanya mirip seperti evernote, dropbox ataupun sugarsync. Layanan ini berguna bagi mereka bekerja menggunakan banyak devices seperti laptop, gadget, table, desktop, smartphones. semua file dari devices tersebut bisa disimpan melalui internet dan dapat di download di banyak devices dengan berbagai macam os. untuk ubuntu one jumlah space yang disediakan free sebanyak 5 GB, untuk 20 GB diperlukan biaya $29.9

sekedar perbandingan dengan layanan serupa

Drop Box
Free 2 GB
50 GB bayar $99 / tahun
100 GB bayar $199 / tahun

Evernote
free quota 25 mb/bulan
quota 1 GB / bulan bayar $45 / tahun

Sugarsync
Free 5 GB
30 GB bayar $49.9 / tahun
60 GB bayar $99.99 / tahun
100 GB bayar $149.99 / tahun
250 GB bayar $249.99 / tahun

saat ini saya pakai ketiga layanan ini, masing-masing ada plus minusnya, DropBox bisa digunakan di OS windows, Linux, Android dan iOS. Dropbox seperti windows explorer, copy file kerjaan di laptop ke  folder dropbox yang dimappping di laptop tersebut, seketika itu juga dari handset / gadget smartphones bisa didownload / dibaca / diedit / modifkasi dan sebagainya.

Sugarsync prinsipnya membackup folder yang ada di dalam komputer, dan folder yang diupload bisa langsung dishare melalui laptop/handset/gadget/smartphones , bedanya dengan dropbox, proses ini berjalan automatically, jadi ketika kita edit file di folder tersebut, automatis akan terupdate, tidak perlu proses copy paste seperti pada dropbox. sayangnya sementara ini sugarsyn belum support untuk linux.

Evernote prinsipnya sama, akan tetap kita bisa mengorganisasikan file / dokumen / photo ke dalam tag tertentu. photo / ambil gambar / video pada moment tertentu, lalu share ke evernote dengan tanda tag tertentu, hasilnya bisa langsung di-share ke teman-teman / keluarga yang juga menggunakan evernote. Evernote dan sugarsync dapat melayani kiriman photo / document melalui email, tapi sayangnya evernote dan sugarsync belum support Linux

Ubuntu One masih belum coba, kita mau coba install untuk iOS ternyata masih layanan music streaming video yang tersedia, layanan data storagenya belum ada untuk iOs.

Demikian review singkat mengenai layanan personal data cloud storage

  • http://twitter.com/gunawantw Gunawan T Wicaksono

    pertamax!

  • http://www.adheaven.com Natali Ardianto

    Tambahin http://www.crashplan.com di list bro

  • Okprin

    Maaf mas. . .Saya sudah daftar di KumpulBlogger punya Mas. . . Tapi kok masih belum dapat passwordnya y. . . Tlong balasannya

  • fefe

    mas saya mo nanya kenapa ko’ mpe skrng saya masih juga lom dapat paswordnya,terus kalo udah dapat pass cara buka di bloggerny gimana?

  • Leo Waldy

    mas…
    pass saya koq belum masuk juga ya…

  • Brillie

    yang paling populer adalah dropbox.com
    biasanya saya komunikasi dgn boss, client, customer dan suami saya dgn dropbox daripada kirim email :)

  • http://www.jauhari.net/ Jauhari

    Saya make DropBox dan Evernote

Switch to our mobile site