what is the next big thing ?

ini adalah pertanyaan yang sering muncul di dunia digital media industri. setelah social media, trend apakah yang akan muncul ? social gaming ? augmented reality ? social commerce ? mobile gaming ? atau ada trend kandidat lain ?

balik ke tahun tahun awal ketika internet mulai booming di tahun 1994 sejak diketemukannya protokol http dan browser mozaik dan netscape, saat itu trend yang muncul adalah portal informasi, ketika orang berada di depan komputer dan terhubung internet, apa situs pertama kali yang mereka kunjungi ? tentu saja mesin pencari dan situs pencatat direktori website. saat itu ada lycos, altavista, webcrawler , excite dan yahoo.

di tahun 2000 ketika internet dirasakan akan mengambil peran lebih dominan di masa depan, munculah perusahan perusahan dotcom dengan bisnis inti seputar e-commerce , mesin pencari , portal berita / informasi. mayoritas tidak dapat bertahan karena berbagai sebab.

tahun 2004 muncul istilah web 2.0 yaitu situs yang dapat bertahan pada masa dotcom crash karena memiliki konten yang dibuat dan dikembangkan oleh para usernya, user generated content. contohnya adalah youtube , wikipedia, forum slashdot, blogspot dimana content pada situs tersebut dibuat oleh user. berbeda dengan keyakinan awal yang menganggap situs portal terlengkaplah yang dapat berhasil, situs dengan user generated content justru lebih berhasil, masalah content itu pantas atau tidak disajikan, adalah nomer sekian, karena dengan adanya banyak content maka timbullah filter dalam diri pembaca / pengguna tersebut dalam hal menyaring apakah suatu content dapat dipercaya / layak atau tidak. prinsip wisdom of the crowd yang berhasil diterapkan oleh situs semacam digg.com , reddit, newsvine , delicious. Situs-situs inilah yang dapat mengangkat suatu kontent tulisan layak dibaca atau tidak.

tahun berikutnya, situs dengan tema pertemanan seperti friendster , multiply, orkut , facebook mulai menarik massa, dari mereka yang tadinya gaptek dengan suka rela kesadaran sendiri mau belajar menggunakan komputer internet agar dapat dirinya terhubung ke teman lama, saudara yang tinggal jauh dan mungkin mencari mantan mereka yang hilang. era social media dimulai dan masih berlanjut sampai sekarang.

portal / search engine -> web 2.0 / user generated content -> social media -> ?????

menurut prediksi saya, trend yang kemungkinan berkembang

adalah paduan antara trend social media dengan trend berdagang, bekerja sama melakukan sesuatu menghasilkan suatu karya / konten. kalau dulu ada istilah user generated content, maka mungkin nanti akan ada trend suatu platform yang memfasilitasi hal tersebut. dengan platform ini, sekelompok orang mulai dari mencari bahan baku, meramu menjadi bahan jadi, mengedarkan / distribusi ke sekelompok orang lain terjadi dalam satu platform, satu rantai ekonomi yang sempurna dari hulu ke hilir in terms of digital industry. sulit mencari kata istilah yang tepat untuk trend ini, tapi kira-kira begitulah yang akan terjadi. jadi sekarang tantangannya adalah membuat platform tersebut.

lihat dari contoh facebook saat ini, saat ini facebook adalah social gaming platform, dari awalnya sebuah social network telah berkembang menjadi social gaming platform dengan game publisher zynga contoh suksesnya. bagaimana kalau ke depannya platform ini diperluas menjadi social commerce platform, social business platform, collaburation tools platform. apakah facebook yang akan dapat membuat seperti ini atau ada startup / company lain yang akan mengambil alih peran facebook di masa depan ?

demikianlah pendapat kukuh tw yang sederhana dan mungkin susah dimengerti, maklum jarak pandang saya memandang masa depan hanya sekitar 1 meter, jadi mohon maklum kalau nantinya salah prediksi

  • reviewer amazonation

    analisa yg bagus mas.
    senada dg pandangan mas kukuh, sdikit pandangan saya, nantinya akan berkembang komunitas bisnis berbasis web. contoh yg mulai berkembang spt jsstripler, dimana ada jutaan org sudah bergabung,bahkan mereka tdk segan2 menginvestkan dana mereka disana. jadi trend intrnet nantinya (terutama bagi yg sdh familier sm internet) adalah berkomunitas dalam jaringan web dg tujuan utk mendapatkan uang.

  • arikaka.com

    sekarang di facebook juga kan bisa buat apps untuk berdagang

  • Dyah Renita

    Artikel yang sangat bagus. Terima kasih mas

Switch to our mobile site