online e-commerce di indonesia kenapa tidak ada yang membuat public API ?

begitu banyak online e-commerce yang tumbuh di indonesia, ada satu pertanyaan yang membuat saya cukup penasaran, yaitu dari banyaknya
online store, kenapa belum ada yang menyediakan public API (application programming interface)
yang bisa dimanfaatkan oleh third-party-developer?. API adalah suatu tools / fitur programming yang memungkinkan suatu aplikasi bisa dimanfaatkan oleh pihak lain. contoh praktisnya adalah twitter – situs microblogging. twitter menyedian public API dimana programmer desktop/mobile/web dapat menggunakan aplikasi twitter melalui platform aplikasi lain. dengan aplikasi tersebut user dapat update status twitter, kirim gambar, reply, retweet, kirim messages dan sebagainya. Demikian halnya dengan public API pada e-commerce. programmer lain dapat membuat aplikasi pada platform web/mobile/desktop untuk mencari barang dan bertransaksi belanja pada e-commerce tersebut.

dibawah ini adalah berbagai macam e-commerce yang saya tahu / ingat saat ini

online store
blibli.com
bhinneka.com
erafone.com
lazada.co.id
zalora.co.id
multiply.com
Plasa.com
berrybenka.com
rakuten.co.id

marketplace
berniaga.com
tokobagus.com
tokopedia.com
bukalapak.com
Dealgoing.com

2 masalah mendasar e-commerce di indonesia adalah payment gateway dan trust.
untuk masalah payment gateway, saya tidak bisa bicara banyak, karena solusinya lebih banyak tergantung kepada provider bank dan pemerintah. masalah kedua yaitu trust, untuk mendapatkan trust, pemain e-commerce melakukan solusi dengan cara spending more budget pada iklan TV/majalah/Radio dan situs online.

solusi untuk memecahkan 2 masalah ini saya rasa bisa dipecahkan dengan membuat public API,
beberapa alasan kenapa pemain e-commerce indonesia tidak membuat public API adalah

1. Membangun trust dan brand awareness adalah prioritas dalam bisnis online e-commerce store di Indonesia.
2. Membangun payment gateway adalah lebih penting dan mendesak dibanding membuat public API
3. Membangun infrastruktur API bukanlah core bisnis dari online store
4. Membangun infrastruktur API memerlukan resources software architect dan programmer. membuat API juga memerlukan
public relation manager yang akan berhubungan dengan third-party-developer.
5. Arsitektur aplikasi e-commerce yang sudah ada sangat robust, susah untuk dimodifikasi untuk keperluan pembuatan public API.
6. Implementasi Infrstruktur API akan memerlukan cost sharing revenue ke pihak third-party-developer, sedangkan pemain e-commerce saat ini saja mendapatkan margin tipis dari vendor.

inilah 6 Alasan yang saya duga, mengapa pemain e-commerce di indonesia tidak tertarik membuat public API seperti Amazon Affiliate.
membangun online e-commerce adalah perjalanan panjang, margin yang tipis, diperkirakan hanya 1-3 % dari total omset, membuat
semua pemain e-commerce mengincar volume transaksi yang besar agar profit dapat terasa dampaknya.
Fokus utama kepada volume transaksi minimal diatas 50 milyard perbulan pastinya menjadi prioritas, belanja minimal ratusan juta perbulan untuk kurun waktu 1-3 tahun pertama mungkin dinilai tidak menjadi masalah dengan harapan setelah masa investasi brand awarenes/trust dapat menghasilkan ROI 10 kali lipat dari investasi awal. apakah mungkin tercapai ? ingat , jumlah pengguna internet indonesia saat ini menurut markplus ada 61 juta, (http://dailysocial.net/post/markplus-insight-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-61-juta-orang). bila ada 10 % saja yang rajin belanja online berarti ada 6,100,000 pengguna. bila tiap orang bersedia belanja rata-rata rp 100,000 perbulan, maka ada perputaran uang sebanyak 610,000,000,000 (610 milyard perbulan) untuk pasar e-commerce saat ini. pasar yang sangat bagus…But….kenapa tidak investasi di pembuatan public API ?

menurut pendapat saya pribadi, ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya infrastruktur API pada e-commerce.

1. Tercipta suatu platform rantai bisnis yang kuat, supplier/vendor – pengelola e-commerce tersebut – third-party-developer – end user yang berasal dari aplikasi web/mobile/desktop.
2. Pasar lebih terbuka luas, tidak hanya mendapatkan pengunjung yang datang direct/langsung, tapi juga yang datang tidak sengaja dari berbagai macam aplikasi desktop/web/mobile , situs ataupun blog.
3. Dapat menaikkan jumlah pengunjung ke dalam situs karena kunjungan pengunjung didapat dari third-party-developer
4. kunjungan dan jumlah user yang dinilai banyak dapat membantu ketertarikan provider bank untuk memfasilitasi payment gateway

Contoh suksesnya adalah Amazon Affiliate Network. Sudah banyak blogger yang membuat blog dengan tema spesifik dan mencantumkan produk yang sesuai dengan konten blognya. kenapa hal seperti ini tidak / belum ada di online e-commerce indonesia ? andaikan hal ini ada di Indonesia, tentu akan lebih menarik bagi peta persaingan e-commerce indonesa.

sebagai founder idblognetwork.com – blog advertising network dengan jumlah blogger puluhan ribu, ini tentu akan menjadi peristiwa menarik bila ada online e-commerce yang bersedia membuat public API dan idblognetwork akan bersedia melakukan testing ujicoba API. saat ini idblognetwork sedang melakukan implementasi API dari situs wego.co.id penyedia jasa airlines dan hotel. mudah2an dalam waktu dekat bisa di-release.

semoga dalam waktu dekat , akan ada online e-commerce di indonesia yang menyediakan open public API dan bersedia berpartner dengan idblognetwork.com untuk uji coba API tersebut.

  • Super nih idenya… kami tunggu kabar baiknya mas Kukuh, Suksess…

    • adminkukuhtw

      bukan ide baru kok, amazon sudah menggunakan sejak tahun 1998

  • mungkin masih dalam fase ‘penghitungan’ untung ruginya Kukuh 🙂
    secara e commerce di Indonesia baru saja booming

  • Cahyo Nugroho

    Wah mantapp idenya Bung Kukuh, sesulit apa ya developnya, rasanya harus dipikirin dari awal saat mau buat e-commerce nya ya ? maklum saya tidak bisa coding :p

    • adminkukuhtw

      pa cahyo, banyak kok referensi di google tentang API

  • Menurut saya , share informasi ke 3rd party mungkin masih bisa.
    Tapi berbentuk minimalist, cuma grab dari rss,
    app yg consume berbentuk catalog.

    Kalau tertarik mau beli, baru redirect ke halaman website pembelian.
    2 alasan :
    – effisiensi effort untuk coding
    – orang indo senang nya window shopping / liat catalog

  • kebanyakan ecommerce dibuat oleh 1 orang yg sedang membangun usaha online hanya sebagai penunjang, bukan oleh tim developer yg dimiliki oleh perusahaan2

  • Ulil Albab Rabbani

    Wah coba nih nunggu mas Kukuh yang buat.. hehehe
    http://ulil.org

  • Taqorrub
  • mohamad rivai

    cuman bisa berkata wowww

  • pararang

    kalo gak salah rakuten pernah ngadain event ngedevelop aplikasi peke API mereka, aplikasi WP kayaknya.

  • SaputraMZ

    Sebenernya IDE seperti ini sdh muncul di benakku dan sedang aku usahakan untuk mewujudkannya, hanya ini masih cari ilmunya yg belum komplit 😀 minta do’anya ya mas!!

  • Hotline Terkini

    Karena E-Commerce lagi boom, seharusnya programmer2 negeri ini harus ada yang peduli untuk membuat API untuk E-Commerce ini. Saya setuju dengan Admin.
    Kalau Developt Tool untuk Engineering khususnya Automotive ,mungkin saya bisa bantu. He… He..

  • Kelly Oktavian

    Berikut ini adalah dokumentasi API online payment gateway 100% kreasi anak Bangsa >> IPAYMU.com https://ipaymu.com/dokumentasi-api atau bisa juga dicek disini >> https://ipaymu.com/cara-integrasi-webstore-tingkat-lanjut apabila ada kesulitan integrasi maupun pertanyaan teknis lainnya, silahkan kirim e-mail ke support@ipaymu.com

    • kukuhtw

      thanks infonya mas kelly, kemarin mas keke juga sudah mampir ke kantor menjelaskan,

  • Dadan Darmawan

    Mas Kukuh, mau update saja karena tulisan ini di publish tahun 2012, sekarang di tahun 2013 sudah ada beberapa pemain ecommerce yang sudah mengeluarkan API seperti Tiket.com API, kalau affilate saya lihat Bhinneka dan Lazada sudah menerapkan itu, dan sebentar lagi kita juga sedang menyiapkan Affiliate untuk situs http://kucari.com
    btw, kalau mau kerjasama dengan jaringan idblognetwork bagaimana syaratnya? terima kasih

    • kukuhtw

      thanks commentnya, email saja ke marketing atau support di idblognetwork dot com

      • Dadan Darmawan

        Baik mas nanti saya email kesana kalau affiliate nya sudah jadi. Thanks

  • ekoadrie

    Karna rata2 programer indonesia pada pelit om… coba liat di youtube lebih banyak tutorial dari orang luar..

  • opini dahsyat nih! Kalau saja mereka para pengusaha mau patungan, duduk bareng, ngopi bareng, lari dan lompati teknologi bareng, so pasti gak lama lagi ada semacam amazon.com di Indonesia.

Switch to our mobile site