5 Ide untuk Masa Depan Digital Advertising Menurut Google

AdTech Conference SanFransisco April 2013

Sumber : Forbes

Posting ini adalah hasil dari acara AdTech conference di San Fransisco pada April 2013. Sumber berita didapat dari sini. Skip Video di-atas ke menit 18:20 untuk melihat presentasi langsung dari VP Google Ads Susan Wojcicki. Susan Wojcicki adalah teman Larry Page dan Sergey Brin (pendiri google) yang menyediakan garasi rumahnya sebagi tempat bekerja google di awal september 1998

Susan Wojcicki adalah senior vice president Google Ads, berbicara mengenai 5 ide untuk masa depan online digital advertising. Wojcicki memimpin Product Ad Google, Adwords, Adsene, Analytic dan Doubleclick. bertanggung jawab terhadap 87% penghasilan Google ditahun 2012 sebesar $50 billion atau setara dengan 500 Trilllun Rupiah.

Menit ke 19:34 :Advertiser adalah `darah’ internet, maksudnya dengan adanya advertiser menyebabkan pengguna dapat menikmati konten gratis seperti berita, video, artikel dan games. Advertiser memainkan peran penting. Tetapi google juga memikirkan pengguna, memikirkan kenyamanan pengguna dalam menggunakan internet. Online Advertiser adalah pasar yang sangat besar, Google harus bergerak cepat secepat user/pengguna internet dalam mengkonsumsi materi digital di internet. Apa materi digital yang dikonsumsi oleh user ? tentu saja text/artikel, video, games, animasi. google memikirkan kehadiran advertiser dalam bentuk tersebut tanpa mengganggu kenyamanan pengguna.

Menit 21:11: Bayangkan di tahun 2020 ( hanya 7 tahun dari sekarang tahun 2013), wanita ini bangun tidur dan membaca berita dari layar mungkin gadget/tv/hologram, mendengarkan musik, menonton tv, berpergian, belanja. Hampir semua aktivitas akan dilakukan secara digital dan on demand. Bukankah ini peluang sangat besar bagi advertiser untuk mengikuti kemana saja user/pengguna tersebut beraktivitas ?

Ini adalah 5 ide yang dipikirkan Google untuk membentuk masa depan digital  advertising

1.  Choice: Ad views will be voluntary. (menit ke 24:05)

Pemirsa iklan akan disuguhi Pilihan : Mau melihat atau tidak : Pengguna dapat melihat iklan secara suka rela tanpa dipaksa. Kalau suka ya silahkan dilihat, kalau tidak suka, silahkan di SKIP. Google melakukan implementasi prinsip ini pada video youtube. Advertiser hanya membayar ketika iklan video di youtube dilihat oleh pengguna. dengan model seperti ini, pengguna tidak merasa terganggu dan advertiser hanya membayar berdasarkan aktivitas yang dilakukan pengguna tersebut terhadap materi digitak iklan yang sajikan. Contoh lain adalah bentuk engagement ads, dimana iklan pertama muncul dalam standard format. ketika user menggeser mouse/navigasi ke banner tersebut, maka akan muncul animasi video, brosur dan informasi lengkap lainnya.

Page 1 of 4 | Next page