Review Lengkap Film Interstellar

Punya waktu senggang 3 jam untuk menonton sebuah film ?,  Interstellar adalah film panjang hampir 3 jam tapi dijamin tidak membosankan, bagi yang terlalu sibuk, tidak sempat menonton, tapi ingin tahu cerita lengkapnya, silahkan baca postingan tentang review film interstellar dibawah ini.

Pada suatu waktu di bumi, ketika banyak orang yang mendadak menjadi petani karena terdesak oleh situasi, akibat bencana kekurangan bahan pangan (tidak dijelaskan penyebabnya), Cooper mantan pilot pesawat percobaan NASA, tinggal bersama 2 anaknya (Tom dan Murphy) dan mertuanya (Donald). Cooper adalah pensiun NASA, karena pada saat itu, masyarakat menghendaki ditutupnya NASA karena dinilai memboroskan keuangan negara dan prioritas masyrakat adalah mencari cara untuk bertahan hidup. Bumi dalam keadaan krisis pangan. Hampir semua jenis tanaman tidak bisa lagi bertahan hidup. Tanaman yang bertahan pada saat itu adalah Jagung. Ada fenomena blight yaitu badai debu yang seringkali menghantam seluruh wilayah mengakibatkan gagal panen. Dikisahkan akhirnya tanaman Jagung juga akan mengalami kepunahan, sehingga dunia akan kehilangan sumber daya makanan satu-satunya yaitu jagung yang saat itu dikisahkan masih bisa bertahan hidup.

 

Entah kenapa , bahwa pada masa itu, penduduk Bumi tidak memiliki aspirasi tinggi pada pencapaian ilmu pengetahuan, dikisahkan pada suatu adegan, bahwa Bumi tidak lagi membutuhkan ilmuwan/engineer, proyek Amerika ke Bulan ternyata tidak pernah ada, dan proyek tersebut adalah propaganda brillian untuk membangkrutkan negara Uni Soviet. Cooper menyesali pada masa itu teknologi kedokteran seperti MRI yang seharusnya ada untuk menolong istrinya dari kematian, tidak lagi ada.

Pada salah satu ruangan di rumah Cooper yaitu pada rak buku Cooper, menurut Murphy (putri cooper) adalah tempat yang sering dihantui, ada fenomena aneh yang terjadi di ruangan ini, seperti ada petunjuk/pesan yang ingin disampaikan untuk pemilik rumah. Pada kejadian Blight / Badai Debu, Ruangan Buku pada rumah Cooper, menunjukkan pesan berbentuk pola pada lantai. Cooper menangkap suatu pesan dalam bentuk binary yang dihasilkan pada pola tersebut, yaitu suatu koordinat. Setelah ditelusuri oleh Cooper dan Murphy, koordinat tersebut ternyata adalah tempat paling rahasia di bumi, yaitu tempat dilanjutkannya proyek NASA, yaitu proyek mencari tempat alternatif yang menunjang kehidupan umat manusia di planet lain.

Di tempat ini, Cooper bertemu dengan Profesor Brand, Amelia Brand (putri prof Brand) , Romily (physicist) dan Doyle (geographer). Profesor Brand berkeyakinan ada sesuatu / mereka yang mendorong Cooper untuk ketempat ini. Brand menjelaskan perlunya seorang pilot untuk mensukseskan misi mencari planet alternatif untuk umat manusia selain di Bumi. Pada misi sebelumnya, mereka berhasil menemukan 3 (tiga) planet alternatif yaitu, Miller, Mann dan Edmunds. Nama tiga planet tersebut mengacu pada nama pimpinan astronaut yang dikirim yaitu Miller, Mann dan Edmunds. Untuk mencapai ketiga planet tersebut, mereka akan menggunakan jalan pintas yaitu berupa wormhole, yang terletak pada orbit saturnus. Brand berkeyakinan adanya makhluk ekstra dimensi yang membantu manusia mencari jalan dengan cara meletakkan wormhole tersebut pada jarak yang relatif aman dan dekat dengan bumi yaitu 2 tahun dari planet Bumi ke tempat lokasi wormhole tersebut. Apakah Cooper bersedia untuk join pada ekspedisi ini ?

Prof Brand menawarkan 2 rencana, Rencana A adalah menemukan planet tersebut, kembali ke bumi dan membawa umat manusia ke planet tersebut. Rencana B menemukan planet alternatif, lalu menyebarkan benih ras manusia pada planet tersebut dan kembali membentuk kehidupan baru ras manusia baru di planet baru.

Berat bagi Cooper untuk meninggalkan keluarganya , akan tetapi panggilan untuk menyelamatkan generasi umat manusia terpaksa memilih jalan bergabung dengan team NASA. Murphy keyakinan ada pesan misterius yang disampaikan agar Cooper tetap tinggal dan tidak memilih bergabung. Pesan tersebut adalah STAY berupa sandi morse yang didapatkan dari ruangan rak buku. Baik Cooper dan Murphy sampai tahap ini, tidak mengetahui darimanakah atau siapakah yang selalu berusaha menyampaikan pesan tersebut untuk keluarganya.

Perjalanan Cooper dimulai, tahap pertama adalah perjalanan menuju wormhole yang terletak pada orbit saturnus, membutuhkan waktu 2 tahun. Cooper berangkat dengan team terdiri dari Amelia Brand, Romily, Doyle , Robot bernama CASE dan TARS. 2 Tahun berlalu, Cooper dan team bersiap memasuki wormhole, suatu saluran / kanal yang akan menghubungkan tata surya ke galaxy lain. Planet pertama yang akan dituju adalah planet Milller, planet ini berada sangat dekat sekali dengan gargantua (lubang hitam). Oleh karena sangat dekat sekali dengan Lubang hitam, maka 1 jam di planet ini akan sama dengan 7 tahun di planet Bumi, kenapa bisa begitu ?. Menurut teori relativitas einstein, hal ini bisa saja terjadi karena waktu adalah relatif, Gravitasi menyebabkan melengkungnya ruang dan waktu. Waktu yang dialami oleh seseorang yang berada dekat pada inti gravitasi akan berbeda dengan orang lain yang berada diluar init gravitasi. Cooper, Amelia , Doyle dan CASE turun ke planet Miller, sedangkan Romney tetap di Endurance. Planet Miller berisikan samudra luas tanpa daratan, team Cooper mencari lokasi sinyal yang dikirimkan oleh planet Miller. Ketika mereka mendapatkan titik lokasi tersebut, tidak ada tanda kehadiran Miller dan Team, mereka hanya dapat mengumpulkan data. Musibah terjadi disini, Gelombang pasang tsunami besar mengancam pesawat team cooper, Doyle terbunuh dalam misi ini, dan team cooper terpaksa menunggu lebih dari 1 jam untuk mengeringkan pesawat, akibat delay ini, maka terbuanglah waktu cooper selama 23 tahun (menurut perhitngan waktu bumi) karena 1 jam di planet Miller setara dengan 7 tahun di Bumi. Cooper dan Amelia Brand kembali ke pangkalan Endurance dan mendapatkan Romney sudah beranjak menua. Selama mendarat di planet Miller, Cooper mendapatkan video pesan yang belum sempat dilihat dari keluarganya di planet Bumi. Cooper mendapatkan Tom (putranya) sudah berkeluarga, Murph (puturinya) sudah berumur sama dengan Cooper dan mertuanya (Donald) telah meninggal. Murph saat itu bekerja di NASA membantu Prof Brand menyelesaikan perhitungan mengenai Gravitasi.

Setelah mendapatkan planet Miller tidak bisa ditinggali, maka sasaran alernatif 2 planet berikutnya adalah planet Mann atau planet Edmunds. Ada perdebatan ketika menentukan diantara ke2 planet ini. Amelia Brand memilih Planet Edmunds sedangkan Cooper memilih planet Mann. Pada saat bersamaan, Kesehatan Prof Brand menurun, menjelang ajalnya Prof Brand memanggil murphy dan memberikan fakta bahwa prof Brand berbohong megenai rencana A. Rencana A yang menyebutkan bahwa Cooper akan mencari planet alternatif dan akan kembali ke bumi ternyata tidak pernah ada. Cooper dan Team dipaksa untuk mengikuti rencana B yaitu mencari planet alternatif dan menyebarkan benih di planet baru tersebut. tanpa harus ke Bumi. Fakta ini tentu saja menyakiti murphi, Murphi kemudian mengirimkan pesan video dan mengabarkan meninggalnya Prof Brand kepada Amelia Brand dan Cooper. Murhpi berasumsi bahwa Cooper mengetahui bahwa rencana A tidak pernah ada, dan murphi beranggapan bahwa Cooper memang sengaja meninggalkan mereka untuk ke planet baru.

Ketika pesan dari murphi tersampaikan di depan Amelia Brand , Cooper dan teamnya di planet Mann, ternyata diketahui bahwa Amelia Brand tidak mengetahui hal ini, Amelia brand kemudian mengkonfirmasikan hali ini kepada Romily. Romily menyampaikan fakta bahwa sebenarnya Prof Brand telah hambir berhasil melakukan perhitungan gravitasi untuk membebaskan manusia dari gravitasi (untuk membuat stasiun dengan gravitasi buatan) , masalahnya adalah prof Brand perlu mendapatkan data Singularity (data yang hanya dapat diambil pada area lubang hitam). Menurut Romily prof Brand berkeyakinan bahwa mengukur efek dilatasi waktu dan gravitasi yang berada pada singluarity akan menjadi petunjuk memecahkan masalah tersebut. karena data tersebut tidak mungkin diperoleh maka prof Brand yakin bahwa rencana membawa manusia ke planet baru tidak mungkin tercapai.

Kaget mendengar kenyataan ini, Cooper bermaksud untuk meninggalkan missi ini dan berniat untuk kembali ke Bumi. Saat ini mereka berada di planet Mann. Mann memiliki rencana lain, dengan sisa bahan bakar terbatas, mann berencana ke planet Edmund untuk menyebarkan benih, karena perbedaan ini, maka Mann memiliki rencana membunuh Cooper. Di planet Mann ini, Cooper sekarat akibat tindakan Mann, Mann juga membunuh Romily, dengan pertolongan Amelia Brand, Cooper berhasil diselamatkan, Brand dan Cooper kembali ke Endurance dan mendapakan Mann juga sedang berusaha ke Endurance, dalam perebutan menguasai Endurance, Mann akhirnya tewas.

Setelah Amelia Brand dan Cooper berada di Endurance, ada 2 pilihan , apakah akan kembali ke Bumi atau ke planet Edmunds. Cooper akhirnya mengalah dan mengatakan ke Amelia bahwa mereka akan ke planet Edmunds.
Amelia bertanya . bagaimana dengan keluarga cooper ?, Cooper menjawabnya dengan bagus. Berhubung bahan bakar menipis, maka cooper mengandalkan gravitasi gargantua untuk menarik pesawat endurance menuju ke planet Edmunds. ada 2 robot CASE dan TARS yang harus dikorbankan pada misi ke Edmunds. perlu diingat juga, karena gargantua berupa lubang hitam , akan terjadi dilatasi waktu. sesaat mereka menuju gargantua, akan sama dengan 63 tahun di planet bumi. Ada hal tak terduga sesaat mereka di gargantua untuk menuju planet Edmunds, berdalih bahwa berat endurance hanya cukup untuk 1 orang, maka cooper bermaksud bunuh diri melepaskan dirinya ke inti gargantua lubang hitam.

Disinilah bagian paling menarik, Cooper memasuki dimensi kelima, tempat dimana masa lalu, sekarang dan masa depan bertemu. dalam film ini , tempat ini disebut-sebut Tesseract. di dalam Tesseract ini cooper melihat rak buku yang selama ini menjadi misteri ternyata media penghubung untuk berkomunikasi dengan Murphi. Jadi selama ini bahwa dirinyalah yang menghantui Murphi. Semua pesan yang disampaikan ke Murphi ternyata berasal dari dirinya. Di tempat ini Tesseract, Cooper bertemu dengan TARS dan TARS membantu menyampaikan kode morse dan binary dari cooper untuk murphi. Cooper membantu Murphi menyelesaikan perhitungan gravitasi prof Brand untuk disampaikan kepada team NASA. Data singularity yang dibutuhkan oleh almarhum Prof Brand kini ada pada Cooper. Dengan data ini akhirnya Murphi berhasil menyelasikan problem gravitasi dan membuat Cooper Station yaitu tempat evakuasi umat manusia ke dalam satu pesawat besar dengan gravitasi buatan.

Dikisahkan kemudian, Cooper berhasil dijemput oleh team NASA, dan dibawa kembali ke pangkalan Cooper station. Cooper dibangunkan oleh dokter dan diberitahu bahwa umur Cooper menurut perhitungan bumi adalah 124 tahun. Murphi dikabarkan masih hidup dan sudah 2 tahun dibekukan untuk menunggu kembalinya Cooper. Can you imagine that bahwa putri cooper kini umurnya secara biologis lebih tua dari cooper sendiri sebagai bapaknya ?

Cooper bertemu dengan Murphi, putri yang sudah ditinggalkannya selama dekade 50-60an tahun. Adegannya cukup sedih, Murphi sudah menjadi manula dengan umur 80an dan cooper sendiri masih terlihat umur 30-40an.
Murphi menjelang wafat dan mengatakan ‘Tidak seharusnya orang tua menyaksikan anaknya meninggal’. cerita mengharukan berakhir , Cooper melepas murphi, dan memutuskan untuk menyusul ke planet Edmunds untuk bertemu Amelia Brand. Saksikan sequel interstellar berikutnya….

Dibawah ini adalah diagram untuk memahami film interstellar.

Review film berakhir, dibawah ini adalah sedikit mind blowing yang tercipta setelah menonton film ini

1. Bagaimana ternyata awalnya planet Bumi serupa dengan cerita interstellar ? , jadi umat manusia ini sebenarnya berasal dari planet lain dan galaxy lain. mereka ke bumi untuk mencari tempat alternatif, dan menemukan Bumi sebagai tempat ideal. sama seperti dengan planet Edmunds, munculnya manusia di bumi, diperkirakan pada 100,000 tahun yang lalu, dan mereka para pendatang ini sedang mempersiapkan untuk datang lagi kembali ke Bumi sambil membawa habitat manusia dari planet mereka berasal untuk sama-sama bertempat tinggal di planet Bumi.

2. Bagaimana bila dimensi ke-lima memang benar-benar ada dan selama ini berinteraksi dengan dunia kita, dunia 3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu. Ada beberapa orang memiliki bakat indra ke-enam, mampu melihat hal yang dianggap gaib, apakah hal gaib itu sebenarnya berada pada dimensi ke-5 ?

3. Bagaimana bila ternyata orang-orang luar bisa dibidang science seperti Newton , Einstein, Hawking sebenarnya mendapatkan bantuan dari dimensi kelima untuk menjelaskan kepada manusia berbagai macam ilmu pengetahuan. Bagaimana einstein dizamannya mengetahui perhitungan teori relativitas, dilatasi waktu berdasarkan pengamatan tanpa tools/alat-alat canggih ?

4. Bagaimana orang-orang memahami hubungan gravitasi, ruang dan waktu dalam suatu persamaan matematis, dan kemudian mewujdukan dalam suatu alat/tools yang akhirnya dapat membebaskan ras manusia ke dalam suatu perjalan ekstra dimensi, perjalan antar galaksi, perjalanan lintas waktu.

 

 

  • Rian Irawan

    wow

  • Rinno Ganesha Novaldianto

    Thanks for this article. Aku baru saja menontonnya dan artikel ini lebih memperjelas saya. Btw film yg sungguh menarik untuk dibahas. Mari mengumpulkan ilmuwan untuk tinggal 1 jam saja di planet dekat blackhole dan kita buktikan bersama pada umat manusia

Switch to our mobile site