Cara Kerja dan Bisnis Model Startup Blockchain bermodalkan ICO dan Token

Data dan currency ? Data dan mata uang, maksudnya gimana ? Kita memiliki data kita sendiri, misakan kesehatan 5 tahun terakhir. Data pernah masuk rumah sakit mana saja, dirawat karena sakit apa, menghabiskan biaya berapa. Obatnya apa saja, biayanya apa saja. Apakah saya akan mengalami sakit berulang pada tahun-tahun berikutnya ? Berapa persen kemungkinannya ? Bagaimana tindakan preventifnya. Dengan data tersebut suatu lembaga riset mungkin universitas memerlukan data kesehatan saya dan saya memberikan data tersbeut dan saya mendapatkan token, kemudian saya meminta suatu health analytic provider untuk memprediksi kesehatan saya dalam beberapa tahun kedepan, saya memberikan mereka data dan sejumlah token. Saya menerima hasilnya, dan kemudian ada rekomendasi tindakan pencegahan, treatment dan makanan apa yang harus saya konsumsi untuk menjaga kesehatan. Dengan bisnis model tersebut saya bisa bertransaksi mendapatkan token (memberikan data) ataupun mendapatkan sejumlah token (membeli sesuatu seperti asuransi, suplemen kesehatan, makanan sehat) dalam platform blockchain tersebut.

BurstIQ sebagai startup blockchain dari Colorado berniat membangun ekosistem blockchain pada industri kesehatan. Sebagai marketplace, menghubungkan pihak rumah sakit, pharma, layanan kesehatan / klinik, lembaga riset, layana swasta penunjang kesehatan.

Kenapa harus dibangun blockchain ? Apa problem industri kesehataan saat ini ?

– Data kesehatan pasien tersebar di berbagai klinik,rumah sakit.

– Pasien tidak memiliki data kesehatannya sendiri, data dipegang oleh layanan kesehatan

– Integrasi data antara rumah sakit , klinik dan layanan kesehatan tidak dan belum optimal.

Arsitektur blockchain memungkinkan penyimpanan data yang identik/sama pada berbagai nodes/jaringan/komputer. Blockchain memungkinan untuk setiap user mengendalikan data milik sendiri. Data yang tersebar secara distributed secara kriptografis akan aman dari perubahan/modifikasi data. BurstIQ menggunakan burstchain sebagai dasar pengembangan blockchain.

Apakah mudah mendapatkan dana dari ICO, membangun marketplace menggunakan arsitektur blockchain ? Bagaimana implentasi teknisnya ?

BurstIQ token mulai dijual periode 19 september 2017 sampai dengan 24 oktober 2017. Token dinamai BiQ. Total BiQ (token) yang dicetak sebanyak 1 milyard dimana BiQ (token) yang dimiliki oleh owner sebanyak 300 juta BiQ (token) dan dijual sebanyak 700 juta BiQ (token). Implementasi ICO menggunakan Ethereum, Nilai token yang dijual 1 ETH sama dengan 2,410 BiQ. Maximum Cap senilai $84 juta dollar.

Ethereum itu apa sih ? Ethereum adalah platform open source blockchain, sangat umum digunakan oleh mayoritas startupblockchain saat ini. Bagaimana cara meluncurkan ICO menggunakan Ethereum ?

Kebetulan saya sendiri pernah ikut course solidty di udemy, jadi bisa memberikan gambaran / langkah meluncurkan ICO menggunakan ethereum.

Pada ethereum. Ada 2 type account yang dapat dimiliki oleh pengguna. External account dan smart contract account. External account itu berfungsi seperti nomor rekening/wallet/dompet elektronik, menyimpan berapa banyak saldo ether yang kita punya. Smart Contract account adalah wallet yang dimiliki oleh suatu contract dimana contract ini adalah coding/pemrograman yang kita buat untuk melakukan instruksi pengiriman currency berupa ether ataupun token kepada pihak yang kita tentukan sesuai rules/rumus yang kita buat.

Contohnya begini.

Ketika user membeli sejumlah token, user akan mengirimkan dana sejumlah ether pada nomor rekening tertentu, pada kasus ini nomor rekening adalah Smart Contract Account tersebut. Smart Contract pada waktu tertentu akan memberikan sejumlah Token sesuai dengan jumlah ether yang dibeli oleh investor.

Bila periode ICO berakhir pada 24 oktober 2017, Smart Contract akan melakukan eksekusi pemberian Token kepada setiap investor, apabila pada smart contract tertulis/tercatat total jumlah ether yang terkumpul ternyata dibawah target, maka biasanya startup akan membatalkan proses tersebut, mengembalikan dana ether yang sudah dibeli oleh investor, atau alternatif skenario adalah membatalkan / burn sejumlah token yang tidak terbeli. Proses ini dilakukan secara automatis pada Smart Contract.

Bagaimana dan seperti apa smart contract dibuat ?. Pada ethereum, terdapat (EVM) Ethereum Virtual Machine, berfungsi menjalankan eksekusi coding smart contract yang ditulis menggunakan Solidity, Serpent, Viper atau Low Level Lisp. Paling popular adalah menggunakan Solidity, Seperti JVM (java virtual machine), EVM membaca bytecode, hasil compile coding smart contract. EVM terpisah dari blockchain network. Setiap network/node/server pada blockchain network akan mengeksekusi smart contract coding. Smart Contract adalah high level language yang akan tercompile dalam bentuk bytecode.

Page 2 of 3 | Previous page | Next page