Bagaimana Blockchain dapat menyelamatkan hutan indonesia ?

Carbon Conversation dan Perusahaan teknologi platform DappBase berencana menyelamatkan hutan indonesia melalui skema crowdfunding yang akan disalurkan kepada kampung-kampung atau dusun di wilayah Aceh. Besar sumbangan tergantung kepada luas lahan yang berhasil diselamatkan/dijaga dari usaha pembakaran. Diperkirakan rata-rata $10,000 per 1 kampung/dusun. Total crowdfunding / dana yang akan dikumpulkan sebesar $100,000. Ini adalah pilot project yang akan dimulai desember 2017 nanti. Program ini merupakan tahunan, dana akan distribusikan antara may dan september setiap tahun.

Banyak pertanyaan yang muncul, ketika membaca artikel ini, dimulai apa, kenapa dan bagaimana. Pertanyaan pertama ?

  1. Hutan diselamatkan dari apa?, begini, setiap tahun terjadi kebakaran di hutan indonesia, terutama kalimantan dan sumatra? Kebakaran itu disebabkan apa ? Dulu secara naif saya berpikir, hutan terbakar karena api, ya jelas dong karena api, Ternyata konon menurut kabar, hutan terbakar karena sengaja dibakar , bertujuan usaha pembukaan lahan untuk ditanami kelapa sawit. Kelapa sawit menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Apakah pembakaran hutan ini menguntungkan ? Menguntungkan secara ekonomis, bagaimana dampak jangka panjang terhadap keselamatan manusia di planet bumi ?. Apakah merugikan atau menguntungkan ? Tentang pengaruh pembakaran hutan dan keselamatan planet Bumi bisa dicari di google selanjutnya ya. Sekarang ke pertanyaan lebih lanjut
  2. Kenapa dibutuhkan sumbangan untuk usaha penyelamatan hutan ?. Jumlah hutan semakin menurun, padahal hutan itu adalah tempat hidup ribuan spesies tertentu, Hutan menjaga keseimbangan ekosistem alam, mengurangi emisi karbon. Hal yang paling berbahaya saat ini bagi penduduk bumi adalah ancaman efek rumah kaca akibat carbon yang dibuang keudara akbiat dari industri pabrik. Kebakaran hutan berperan dalam memperburuk tertumpuknya Co2 di atmosfir yang mengakibatkan pemanasan global. Sumbangan dibutuhkan untuk iming-iming agar penduduk di sekitar hutan tersebut turut berperan serta dalam usaha menjaga pembakaran hutan. Besar sumbangan akan ditentukan berapa luas permeter area yang berhasil dijaga oleh setiap kampung/dusun di wilayah hutan aceh.
  3. Apa hubungannya usaha sumbangan/crowd-funding dengan blockchain ? Nah inti artikel ini adalah menjelaskan pertanyaan ketiga ini. Hubungan blockchain dan implementasi blockchain dalam usaha penyelamatan hutan Indonesia.

Page 1 of 4 | Next page