Display Advertising Teknology Landscape

Ad Exchange adalah platform yang memfasilitasi harga jual dan beli yang diatur secara programmatic antara sekumpulan buyer(advertiser/agency) dan sekumpulan seller (publisher). Keberadaan Ad Exchange sangat membantu pihak buyer dan seller karena ad Exchange

– memfasiitasi penempatan display advertising sesuai dengan profile audience dan harga yang diinginkan oleh buyer(Advertiser/agency), buyer tidak perlu bertemu, menelpon publisher A,B,C ataupun Ad Network A,B,C untuk negoisasi harga, minta report campaign, pause/resume campaign. semua bisa dilakukan pada 1 dashboard

– menghubungkan banyak Ad Network dan Publisher. Ad Exchange lahir untuk mengatasi problem yang ada pada Ad Network

5. Ad Network

Ad Network adalah platform yang menghubungkan publisher dan advertiser untuk penyebaran digital campaign. Type Adnetwork ada  Vertical Network dan Targeted Network dan Rep Network. Vertical Network contohnya TravelAd Network, GourmetAds yaitu sekumpulan publisher dengan content spesific yang terhubung pada satu ad network. Targeted Network contohnya google adsense, yahoo publisher network, AOL advertising, yaitu network yang menawarkan advertiser segmen demografi (umur,lokasi,gender), behavioural (interest, minat) dan context (website yang membahas topik khusus). di Indonesia ada Ad network yang berfokus blogger yaitu idblognetwork.com. Perbedaan Ad Network dengan Ad Exchange adalah: Ad Exchange terhubung ke banyak Ad Network, Ad Exchange dapat memfasilitasi RTB (Real Time Bidding), sehingga advertiser dapat mencari harga terendah untuk penembatan display advertising, menaikkan harga lebih tinggi  apabila ada kompetitor atau menaikkan harga lebih tinggi apabila tidak ada publisher yang bersedia.

6. Seharusnya ada Layer lagi yang bernama SSP (Supply Side Platform), berhubung tidak/belum terncantum digambar diatas, maka pembahasan SSP mungkin bisa dibahas lain kali. Sementara dibahas Publisher Optimization Tools. Bagi yang punya blogs / website, pastinya sudah kenal dengan fitur tools sharing social media seperti dig,reddit,twitter,facebook dan sebagainya. ini adalah salah satu contoh tools yang dapat membantu publisher mendapatkan traffic. jenis lainya ada Disqus (fasilitas untuk membuat komentar) , hi-stats (counter pageviews dan sumber pengunjung website)

o ya, gambar diatas adalah pemain global, untuk kawasan regional , ini ada gambar dari Exchange Wire, Display Advertising Technology Landscape untuk kawasan ASEAN (Asia Tenggara)

 

 

sumber : Exchange Wire

Page 2 of 2 | Previous page